Unej Menyediakan Lahan untuk Tanaman Obat

Universitas Jember (UNEJ) memiliki cara tersendiri untuk memanfaatkan lahan kosong. Dalam area seluas 13 hektare (ha) itu, UPT Agrotech...

Unej Menyediakan Lahan untuk Tanaman Obat
Universitas Jember (UNEJ) memiliki cara tersendiri untuk memanfaatkan lahan kosong. Dalam area seluas 13 hektare (ha) itu, UPT Agrotechnopark Unej memenuhinya dengan tanaman obat dan herbal, seperti kelor, kumis kucing, jahe, dan sambiloto.

Menurut Rektor Unej Moh Hasan, dari kesuluruhan luas tanah yang dialokasikan sebagai etalase tanaman herbal, berbagai tanaman obat mendapat jatah seluas satu ha. Etalase tersebut, lanjutnya, bisa dijadikan sabagai wahana edukasi masyarakat terutama bagi civitas academica Unej.

Selain itu, kata Hasan, lahan tersebut juga bisa menjadi sarana praktikum lapang maupun pengembangan keilmuan dalam hal obat herbal. Bahkan, kelak akan dijadikan sebagai pusat industri pengembangan dan pengolahan obat herbal.

"Pembangunan lahan herbal ini manjadi langkah awal menuju industrialisasi obat herbal yang sejalan dengan visi dari Unej dalam konteks pengembangan pertanian industrial dalam arti luas," papar Hasan, seperti disitat dari situs Unej, Rabu (9/4/2014).

Hasan menyebut, desain dari taman tanaman obat yang akan dibangun hampir menyerupai seperti taman bunga yang ada di Eropa. Namun yang membedakan hanya pada jenis tanaman saja.

"Kalau di Eropa bunga-bunga saja tapi kalau di sini bunga dikombinasikan dengan tanaman obat sehingga tidak hanya indah namun juga sehat," jelasnya.

Ketua UPT Agrotechnopark Arie Mudjiharjati menambahkan, lahan seluas 13 ha itu akan dibagi menjadi tiga cluster, yakni agrowisata edukasi,training center, dan agroindustri. Dia mengatakan, pembangunan agroindustri, kususnya produksi obat herbal akan semakin meningkatkan produksi obat herbal yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh Fakultas Farmasi Unej.

"Saat ini industri obat herbal sebenarnya sudah mulai dikembangkan oleh Fakultas Farmasi Unej dan sudah memiliki produk yang sudah mengantongi izin dari Dinas Kesehatan sehingga sudah memiliki merek dagang," ungkap Arie.

Arie menambahkan, desain pembangunan taman obat tersebut berbentuk tiga lembar daun tembakau. Hingga saat ini, lanjutnya, baru satu taman yang terselesaikan dan diproyeksikan pada pertengahan 2015 selesai secara keseluruhan.

Taman tanaman obat ini juga akan dilengkapi dengan sebuah gedung produksi dan gedung pengemasan obat herbal. "Lebih dari 100 jenis tanaman herbal kami siapkan untuk melengkapi koleksi tiga taman tersebut. Kami juga bekerjasama dengan Balitbang tanaman obat untuk pengembangan ke depan," tutupnya. (ade)

[]Okezone/Sikuli Unej

KOMENTAR

IKLAN

Name

50 Tahun UNEJ Agrotechnopark UNEJ Agroteknologi UNEJ AIESEC UNEJ Aturan UNEJ Bazar Pangan dan Produk Beasiswa Bidik Misi Universitas Jember BKLDK Jember Blogger UNEJ Dosen UNEJ Events Events Universitas Jember Fakultas Ekonomi UNEJ Fakultas Hukum UNEJ Fakultas Kedokteran UNEJ Fakultas Sastra UNEJ Fakultas Teknik UNEJ Fakultas UNEJ Farmasi UNEJ Festival Tegalboto Fisip FKG UNEJ FKIP UNEJ FKM UNEJ FMIPA UNEJ FTP UNEJ Galery Photos UNEJ Galery UNEJ Galery Videos UNEJ Gathering Blogger Grafis Info Design Informasi Informasi Fakultas Universitas Jember Informasi Jurusan Universitas Jember Informasi Universitas Jember Islamic Book Fair Kampus Kontes SEO Tebu KPRI UNEJ KSEI Universitas Jember Kuliah Umum Lintas Kampus LKTI Nasional Lomba Blog UNEJ LP3 UNEJ Mahasiswa Baru Mahasiswa UNEJ Mahasiswa UNEJ Berprestasi Mahasiswa UNEJ Menulis MDC Jember Mobil Listrik UNEJ MOCAF UNEJ Pameran Poster Potensi UNEJ PSIK UNEJ Ramadhan Rektorat UNEJ SBMPTN Seminar Sistem Informasi SNMPTN Tebu Transgenik UNEJ Telkomsel Tutorial UKM LPSAF UKMKI LDK UNEJ UNEJ Mengajar UNEJ Prestatif Universitas Jember Webometrics Wisuda UNEJ
false
ltr
item
KANGEAN NEWS: Unej Menyediakan Lahan untuk Tanaman Obat
Unej Menyediakan Lahan untuk Tanaman Obat
http://1.bp.blogspot.com/-_CYwX16N5Qo/U1nOISSoQBI/AAAAAAAAFo4/36tOJg4yJs4/s1600/sikuli+unej+lahan+baru+unej.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-_CYwX16N5Qo/U1nOISSoQBI/AAAAAAAAFo4/36tOJg4yJs4/s72-c/sikuli+unej+lahan+baru+unej.jpg
KANGEAN NEWS
http://news.kangean.net/2014/04/unej-menyediakan-lahan-untuk-tanaman.html
http://news.kangean.net/
http://news.kangean.net/
http://news.kangean.net/2014/04/unej-menyediakan-lahan-untuk-tanaman.html
true
8545499633649201386
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy