Wisudawan Ber-IPK 3,96 Itu Diantar Ayahnya Dengan Naik Becak

Raeni menuju Auditorium Unnes untuk mengikuti wisuda diantar oleh Mugiyono, ayahnya, Selasa (10/6) Perhatian para keluarga wisudawan da...

Raeni menuju Auditorium Unnes untuk mengikuti wisuda diantar oleh Mugiyono, ayahnya, Selasa (10/6)
Raeni menuju Auditorium Unnes untuk mengikuti wisuda diantar oleh Mugiyono, ayahnya, Selasa (10/6)
Perhatian para keluarga wisudawan dan puluhan wartawan langsung tersita pada Raeni, Selasa (10/6). Pasalnya, wisudawan dari Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Unnes ini berangkat ke lokasi wisuda dengan kendaraan yang tidak biasa. Penerima beasiswa Bidikmisi ini diantar oleh ayahnya, Mugiyono, menggunakan becak.

Mengapa becak? Ayahanda Raeni memang bekerja sebagai tukang becak yang saban hari mangkal tak jauh dari rumahnya di Kelurahan Langenharjo, Kendal. Pekerjaan itu dilakoni Mugiyono setelah ia berhenti sebagai karyawan di pabrik kayu lapis. Sebagai tukang becak, diakuinya, penghasilannya tak menentu. Sekira Rp10 ribu – Rp 50 ribu. Karena itu, ia juga bekerja sebagai penjaga malam sebuah sekolah dengan gaji Rp450 ribu per bulan.

Meski dari keluarga kurang mampu, Raeni berkali-kali membuktikan keunggulan dan prestasinya. Penerima beasiswa Bidikmisi ini beberapa kali memperoleh indeks prestasi 4. Sempurna. Prestasi itu dipertahankan hingga ia lulus sehingga ia ditetapkan sebagai wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,96. Dia juga menunjukkan tekad baja agar bisa menikmati masa depan yang lebih baik dan membahagiakan keluarganya.
“Selepas lulus sarjana, saya ingin melanjutkan kuliah lagi. Penginnya melanjutkan (kuliah) ke Inggris. Ya, kalau ada beasiswa lagi,” kata gadis yang bercita-cita menjadi guru tersebut.
Tentu saja cita-cita itu didukung ayahandanya. Ia mendukung putri bungsunya itu untuk berkuliah agar bisa menjadi guru sesuai dengan cita-citanya.
“Sebagai orang tua hanya bisa mendukung. Saya rela mengajukan pensiun dini dari perusahaan kayu lapis agar mendapatkan pesangon,” kata pria yang mulai menggenjot becak sejak 2010 itu.
Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengatakan,apa yang dilakukan Raeni membuktikan tidak ada halangan bagi anak dari keluarga kurang mampu untuk bisa berkuliah dan berprestasi.
“Meski berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang kurang, Raeni tetap bersemangat dan mampu menunjukkan prestasinya. Sampai saat ini Unnes menyediakan 26 persen dari jumlah kursi yang dimilikinya untuk mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Kami sangat bangga dengan apa yang diraih Raeni,” katanya.
Ia bahkan yakin, dalam waktu tak lama lagi akan terjadi kebangkitan kaum dhuafa. “Anak-anak dari keluarga miskin akan segera tampil menjadi kaum terpelajar baru. Mereka akan tampil sebagai eksekutif, intelektual, pengusaha, bahkan pemimpin republik ini,” katanya.

Harapan itu terasa realistis karena jumlah penerima Bidikmisi lebih dari 50.000 per tahun. Unnes sendiri menyalurkan setidaknya 1.850 Bidikmisi setiap tahun. [http://unnes.ac.id/sikuliunej]

KOMENTAR

IKLAN

Name

50 Tahun UNEJ Agrotechnopark UNEJ Agroteknologi UNEJ AIESEC UNEJ Aturan UNEJ Bazar Pangan dan Produk Beasiswa Bidik Misi Universitas Jember BKLDK Jember Blogger UNEJ Dosen UNEJ Events Events Universitas Jember Fakultas Ekonomi UNEJ Fakultas Hukum UNEJ Fakultas Kedokteran UNEJ Fakultas Sastra UNEJ Fakultas Teknik UNEJ Fakultas UNEJ Farmasi UNEJ Festival Tegalboto Fisip FKG UNEJ FKIP UNEJ FKM UNEJ FMIPA UNEJ FTP UNEJ Galery Photos UNEJ Galery UNEJ Galery Videos UNEJ Gathering Blogger Grafis Info Design Informasi Informasi Fakultas Universitas Jember Informasi Jurusan Universitas Jember Informasi Universitas Jember Islamic Book Fair Kampus Kontes SEO Tebu KPRI UNEJ KSEI Universitas Jember Kuliah Umum Lintas Kampus LKTI Nasional Lomba Blog UNEJ LP3 UNEJ Mahasiswa Baru Mahasiswa UNEJ Mahasiswa UNEJ Berprestasi Mahasiswa UNEJ Menulis MDC Jember Mobil Listrik UNEJ MOCAF UNEJ Pameran Poster Potensi UNEJ PSIK UNEJ Ramadhan Rektorat UNEJ SBMPTN Seminar Sistem Informasi SNMPTN Tebu Transgenik UNEJ Telkomsel Tutorial UKM LPSAF UKMKI LDK UNEJ UNEJ Mengajar UNEJ Prestatif Universitas Jember Webometrics Wisuda UNEJ
false
ltr
item
KANGEAN NEWS: Wisudawan Ber-IPK 3,96 Itu Diantar Ayahnya Dengan Naik Becak
Wisudawan Ber-IPK 3,96 Itu Diantar Ayahnya Dengan Naik Becak
http://3.bp.blogspot.com/-ebyPH1scc70/U5f0fuLBhcI/AAAAAAAAAGk/2Iei9GeWSgw/s1600/Wisudawan+Ber-IPK+3,96+Itu+Diantar+Ayahnya+Dengan+Naik+Becak.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-ebyPH1scc70/U5f0fuLBhcI/AAAAAAAAAGk/2Iei9GeWSgw/s72-c/Wisudawan+Ber-IPK+3,96+Itu+Diantar+Ayahnya+Dengan+Naik+Becak.jpg
KANGEAN NEWS
http://news.kangean.net/2014/06/wisudawan-ber-ipk-396-itu-diantar.html
http://news.kangean.net/
http://news.kangean.net/
http://news.kangean.net/2014/06/wisudawan-ber-ipk-396-itu-diantar.html
true
8545499633649201386
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy