Mahasiswa Australia Mobil Pecahkan Rekor Dunia Mobil Solar

Mahasiswa jurusan teknik dan bisnis di Universitas New South Wales di Sydney telah berhasil membuat mobil tenaga surya generasi kelima yan...

Mahasiswa jurusan teknik dan bisnis di Universitas New South Wales di Sydney telah berhasil membuat mobil tenaga surya generasi kelima yang diberi nama “Eve”.

Kelompok mahasiswa ini berjumlah enam puluh orang sudah berhasil mengembangkan mobil tenaga surya yang bisa mencapai kecepatan 60 km perjam dengan Eve sepenuhnya bergerak karena panel tenaga surya yang menyelimuti mobil tersebut.

Untuk mencapai kecepatan lebih tinggi, dan juga mengendarai di malam hari, Eve akan mengandalkan pada batere yang memerlukan waktu 20 jam sinar matahari untuk penuh, dan mobil tersebut bisa berjalan sejauh 500 km.

Mobil tenaga surya ini diproduksi oleh mahasiswa UNSW. 
FOTO : ABC AUSTRALIA
Dalam uji coba di bulan Juli, Eve mencapai kecepatan 132 km per jam, dengan memecahkan rekod dunia yang sudah bertahan selama 26 tahun, dengan kecepatan rata-rata 100 km per jam dalam perjalanan sejauh 500 km dengan menggunakan satu batere berkekuatan penuh.

“Dimana saja orang-orang tertarik dengan mobil ini. Mereka ingin memilikinya, mereka ingin mengendarainya.” kata manajer bisnis Sunswift, Rob Ireland.

Sunswift adalah nama konsorsium yang dibentuk oleh UNSW yang setiap tahun sejak tahun 1996 mengikuti kejuaraan dunia pengembangan wahana tenaga matahari, World Solar Challenge.

“Kami ingin menciptakan sebuah mobil dimana pengendaranya bisa membawanya ke tempat kerja, dan di sepanjang jalan orang-orang akan melihat dan berkomentar ‘wah.. mobilnya hebat.” tambah Ireland.

Rob Ireland mengatakan beberapa inovasi dari Sunswift sudah diadopsi oleh industri otomotif seperti panel solar di mobil Nissan Leaf yang digunakan untuk menggerakkan sistem elektronik di mobil tersebut.

Meskipun adanya proyek menjanjikan seperti Sunswift yang dilakukan oleh para mahasiswa S1 jurusan teknik di Australia, namun masa depan kegiatan seperti ini tidaklah menjanjkan.

“Saat ini, sektor ini lemah.” kata Bob Sharon, Direktur Eksekutif Green Global Solutions.

Perusahaan Sharon mensponsori beberapa mahasiswa S1 UNSW dan juga membawa proyek Sunswift ke pameran dagang All-Energy di Melbourne.

Hari Selasa, pemerintah Federal mengumumkan dana bantuan 400 juta untuk membantu industri di bidang investasi dan inovasi, namun menurut Bob Sharon, pemerintah harus melakukan lebih banyak lagi.

“Secara keseluruhan Tony Abbott sudah melakukan hal yang bagus. Namun di bidang energi terbarukan, di bidang industri ini masih banyak yang harus dilakukan pemerintah.” katanya.

Di UNSW, Rob Ireland mengatakan bahwa waktu 40 jam seminggu yang dihabiskan olehnya dan teman-temannya dalam proyek Sunswift akan berpengaruh pada kegiatan kuliahnya, namun mengatakan dia banyak belajar dari hal-hal yang tidak diajarkan di bangku kuliah.

“Apa yang dilihat oleh perusahaan adalah bila anda terlibat proyek seperti Sunswift, anda belajar banyak hal, selain hanya sekedar mengejar gelar sarjana.” kata Ireland.

“Kami berinteraksi dengan industri, kami bisa menerapkan apa yang kami pelajari dalam situasi nyata.” tambah Ireland.

Tantangan selanjutnya bagi Sunswift adalah membuat mobil tenaga surya yang bisa digunakan dan dibuat dalam skala industri. []abcnews/kabarkampus/sikuliunej

KOMENTAR

IKLAN

Name

50 Tahun UNEJ Agrotechnopark UNEJ Agroteknologi UNEJ AIESEC UNEJ Aturan UNEJ Bazar Pangan dan Produk Beasiswa Bidik Misi Universitas Jember BKLDK Jember Blogger UNEJ Dosen UNEJ Events Events Universitas Jember Fakultas Ekonomi UNEJ Fakultas Hukum UNEJ Fakultas Kedokteran UNEJ Fakultas Sastra UNEJ Fakultas Teknik UNEJ Fakultas UNEJ Farmasi UNEJ Festival Tegalboto Fisip FKG UNEJ FKIP UNEJ FKM UNEJ FMIPA UNEJ FTP UNEJ Galery Photos UNEJ Galery UNEJ Galery Videos UNEJ Gathering Blogger Grafis Info Design Informasi Informasi Fakultas Universitas Jember Informasi Jurusan Universitas Jember Informasi Universitas Jember Islamic Book Fair Kampus Kontes SEO Tebu KPRI UNEJ KSEI Universitas Jember Kuliah Umum Lintas Kampus LKTI Nasional Lomba Blog UNEJ LP3 UNEJ Mahasiswa Baru Mahasiswa UNEJ Mahasiswa UNEJ Berprestasi Mahasiswa UNEJ Menulis MDC Jember Mobil Listrik UNEJ MOCAF UNEJ Pameran Poster Potensi UNEJ PSIK UNEJ Ramadhan Rektorat UNEJ SBMPTN Seminar Sistem Informasi SNMPTN Tebu Transgenik UNEJ Telkomsel Tutorial UKM LPSAF UKMKI LDK UNEJ UNEJ Mengajar UNEJ Prestatif Universitas Jember Webometrics Wisuda UNEJ
false
ltr
item
KANGEAN NEWS: Mahasiswa Australia Mobil Pecahkan Rekor Dunia Mobil Solar
Mahasiswa Australia Mobil Pecahkan Rekor Dunia Mobil Solar
https://3.bp.blogspot.com/-s5RPkrZZcmU/VD-eexY_4eI/AAAAAAAAHSM/cmDLsrnedrc/s1600/mobil-tenaga-surya-rekor-dunia.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-s5RPkrZZcmU/VD-eexY_4eI/AAAAAAAAHSM/cmDLsrnedrc/s72-c/mobil-tenaga-surya-rekor-dunia.jpg
KANGEAN NEWS
http://news.kangean.net/2014/10/mobil-tenaga-surya-yang-pecahkan-rekor.html
http://news.kangean.net/
http://news.kangean.net/
http://news.kangean.net/2014/10/mobil-tenaga-surya-yang-pecahkan-rekor.html
true
8545499633649201386
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy