About

About

slider

MENU

Kekayaan Migas Melimpah, Rakyat Sumenep Tak Merasakannya

Lokasi Eksplorasi PT. KEI di Pagerungan Besar
Kabupaten Sumenep yang kaya akan potensi Migas ternyata tidak membuat Kabupaten terujung di Pulau Madura ini dapat memperkaya diri, tercatat di kantor ESDM Kabupaten Sumenep, ada 12 kontraktor Migas yang sedang melakukan kegiatan hulu migas saat ini di perairan sumenep.

Berdasarkan data ESDM saat ini, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terdapat delapan perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (K3S) yang menjajaki migas, tiga perusahaan migas telah melakukan eksploitasi, yakni Kangean Energy Indonesia (KEI) yang mengelola Blok Pagerungan dan Terang Sirasun Batur (TSB), Santos Offshore yang mengelola Blok Maleo dan Peluang, dan Husky-Cnooc Madura Ltd (HCML) yang mengelola Blok Madura Strait. Untuk Husky, meskipun telah melakukan eksploitasi belum berproduksi.

Sedangkan lima perusahaan migas yang sedang melakukan eksplorasi, yaitu Energi Mineral Langgeng (EML) yang mengelola Blok South East Madura, Petrojava North Kangean (PNK) yang mengelola Blok North Kangean, Techwin Energi Madura Ltd dan Pertonas yang mengelola Blok North East Madura, dan Husky Anugerah Limited mengelola Blok Anugerah dan South Saobi.
” Migas tidak bisa memperkaya APBD karena Sumenep tidak termasuk daerah penghasil. Sehingga di APBD Sumenep hanya kaya akan potensi migas,” ungkap Kepala Energi Sumber Daya dan Meneral (ESDM) Sumenep, Kahir.(arif/Ros/red)
[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: