About

About

slider

MENU

Kapal Menuju Kangean Sempat Tertahan 5 Hari

Kapal Sumekar

Kangean - Setelah sempat tertunda selama 5 hari, Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) I milik PT Sumekar, Selasa (31/01/2017) akhirnya berangkat ke Pulau Kangean dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Kapal tersebut bertolak dengan mengangkut 213 penumpang.

"Kondisi perairan Kangean hari ini mulai kondusif, dan memungkinkan untuk dilayari kembali. Ketinggian ombak maksimal 2 meter," kata petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Syahbandar Kalianget, Edi Sucipto.

PT Sumekar merupakan salah satu BUMD Sumenep yang merupakan operator reguler di lintasan Kalianget-Kangean dengan mengoperasikan kapal DBS I. Kapal tersebut berlayar sebanyak empat kali dalam sepekan.

Kapal DBS I semestinya berangkat ke Pulau Kangean pada Jumat (27/01/2017). Namun kapal terpaksa menunda keberangkatannya, karena cuaca laut sangat ekstrem. Ketinggian ombak mencapai 4 meter, sehingga pihak Syahbandar meminta seluruh kapal untuk menunda keberangkatan.

Penundaan keberangkatan kapal hingga 5 hari tersebut membuat ratusan calon penumpang ke Pulau Kangean tertahan di kawasan Pelabuhan Kalianget. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah berada di Pelabuhan Kalianget untuk menunggu pemberangkatan kapal ke Kangean sejak Kamis (26/01/2017).

"Karena hari ini cuaca laut mulai bersahabat, maka kami mengijinkan kapal-kapal untuk mulai berlayar. Ya semoga saja kondisi cuaca laut tetap kondusif, sehingga jadwal pelayaran kapal ke kepulauan tidak terganggu," ujar Edi.

Pulau Kangean merupakan salah satu wilayah kepulauan Sumenep. Dalam kondisi cuaca normal, diperlukan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Kangean menggunakan kapal reguler. Apabila menggunakan kapal cepat, untuk tiba di Pulau Kangean dari Pelabuhan Kalianget diperlukan waktu sekutar 4,5 jam. [tem/but]

Sumber: http://beritajatim.com/[Kangean.Net]
Share

Kangean Network

Post A Comment: